Dorong Produk Inovasi Unggulan Daerah Berdaya Saing Nasional, BSN Ungkap Standardisasi Penting

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad menggatakan dalam mendorong sebuah produk inovasi unggulan daerah yang berdaya saing nasional, peran standardisasi dan penilaian kesesuaian pada produk menjadi penting.

Menurutnya standar akan diperlukan untuk menjamin performansi, kesesuaian, dan keamanan dari suatu produk yang dihasilkan dan juga dalam proses produksinya.

“Standar menjadi acuan dalam produk inovasi yang menjadi batasan apa saja yang dapat dan tidak dapat dilakukan untuk keamanan produk dan perlindungan kepada konsumen,” kata Kukuh dalam Webinar Standardisasi untuk Hilirisasi Produk Inovasi Unggulan Daerah Berdaya Saing Nasional yang ditayangkan melalui via daring.

Senada dengan Kukuh, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional, Jumain Appe menyebut standar dan inovasi harus sejalan.

Menurutnya jika akan mengadopsi sebuah inovasi, masyarakat perlu diberi keyakinan. Salah satu cara mendorong keyakinan itu, kata dia, harus ada yang distandarkan atau diberikan sesuatu yang menjamin bahwa inovasi itu cocok dan memiliki manfaat.

“Standar bisa membantu produk baru atau pelayanan baru untuk menjamin keyakinan baik kepada industri atau pelanggan di pasar. Jika inovasi teknologi mengcreate job atau memberi impact yang besar harus memberi sesuatu yang menjamin keselamatan, keamanan maka dibutuhkan standar,” papar Jumain.

Sehingga fungsi standar merupakan alat yang cocok untuk memberikan apa yang diinginkan oleh customer atau pasar.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar