Ingin Terapi Stres yang Simpel? Cobalah Baca Alquran dan Tafsirnya

Ilustrasi kitab suci Alquran.

FAJAR.CO.ID — Dorongan untuk menjadi sempurna dalam tubuh, pikiran, dan karier meningkat secara signifikan. Terutama sejak perkembangan teknologi komunikasi yang demikian pesat, itu memberi dampak pada perilaku manusia.

Derasnya arus informasi yang salah satunya dimotori oleh keberadaan media sosial memberikan tekanan psikologis bagi banyak orang.

Fenomena ini tentunya buruk bagi kondisi kesehatan jiwa seseorang. Perasaan gundah gulana, resah dan gelisah yang berujung pada stres membuat orang cenderung rentan mengalami depresi.

Sejatinya, stres merupakan respons tubuh kita saat berada di bawah tekanan. Orang yang stres biasanya disertai ciri-ciri denyut jantung meningkat, otot menegang, dan naiknya tekanan darah.

Namun jika tidak dikelola dengan baik, stres bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan jangka panjang. Jika dibiarkan terus menerus maka itu bisa menjadi faktor risiko bagi masalah kesehatan serius lainnya seperti masalah mental, penyakit kardiovaskular, obesitas, mengganggu siklus menstruasi, dan diabetes.

Bagi umat Islam, salah satu terapi paling mujarab untuk mengatasi stres yakni dengan membaca dan mempelajari Alquran. Dalam Surah Al-Isra’ Ayat 82 disebutkan, Alquran diturunkan untuk menjadi obat dan Rahmat bagi orang-orang beriman.

Dalam banyak penelitian, Al-Qur’an memiliki khasiat sebagai penawar penyakit baik jasmani maupun rohani. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Dr Ahmed Al-Qadhidi Klinik Besar Florida, Amerika Serikat. Menurutnya, membaca atau memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an saja sudah dapat memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar