Produk Unggulan Sulsel Jadi Peluang Investasi

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Selain dikenal sebagai penyangga pangan nasional dan kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), Provinsi Sulawesi Selatan juga memiliki produk-produk unggulan yang dapat dijadikan peluang investasi.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, membenarkan hal tersebut. Menurutnya Sulawesi Selatan memiliki potensi pada produk unggulan di sektor perkebunan, pertanian, perikanan, dan banyak lagi.

“Yang paling menonjol adalah di sektor perkebunan yaitu produk unggulan kopi dan kakao,”ucapnya, Selasa (20/10/2020).

Diketahui, kopi di Sulawesi Selatan memiliki beragam jenis dengan tekstur dan rasa yang berbeda-beda. Di antaranya kopi khas Toraja, kopi Bontocani dan ratusan jenis kopi lainnya.

Untuk ketersediaan lahan kopi dan kakao, cukup terbilang luas. Bahkan mencapai ratusan ribu hektar.

Hanya saja untuk produk kakao, Sudirman mengaku saat ini membutuhkan pabrik yang modern, sehingga mampu memproduksi industri hilir dan produksi coklat.

Begitupun dengan kopi yang dibutuhkan adalah jaminan untuk proses, certified farming, sistem kemasan produk, sehingga memiliki nilai tambah, nilai sehat dan higienis.

Selain itu, Sudirman Sulaiman menambahkan sektor pariwisata juga menjadi salah satu peluang menarik investor untuk menanamkan modalnya di Sulawesi Selatan.

Mengingat banyak destinasi wisata yang menjual pemandangan alamnya yang indah, udaranya yang sejuk dan keasrian wisata itu sendiri.

Misalnya pulau-pulau di Selayar dan daerah pesisir yang indah di Tanjung Bira. Ada juga wisata kearifan lokal yang dimiliki di berbagai daerah. Seperti Danau Tempe, Toraja, negeri di atas awan, dan banyak lagi.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar