Setahun Jokowi-Ma’ruf, Fadli Zon: Banyak Sekali Kemunduran

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Politikus Partai Gerindra Fadli Zon menilai, satu tahun usia pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maruf Amin, atau jika digabungkan dengan periode pertama kepemimpinan Jokowi, telah terjadi banyak kemunduran.

“Kalau diminta menilai perjalanan setahun terakhir, apalagi enam tahun terakhir, tanpa bermaksud melebih-lebihkan, cukup jelas saya melihat ada banyak sekali kemunduran yang telah kita alami.” Ujar Fadli Zon lewat keterangan tertulisnya, Selasa (20/10).

Fadli mengatakan, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi rakyat dan negara sama-sama memikul beban yang kian berat. Setidaknya menurut Fadli, ada beberapa beban berat yang selama pemerintahan Jokowi berlangsung.

“Pertama, adalah beban utang. Akibat miskalkulasi, mismanajemen, serta kerja-kerja pembangunan tuna konsep, Indonesia kini harus menanggung beban utang yg sangat berat.” Ucap anggota DPR RI dapil V Jawa Barat ini.

Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Gerindra itu menjelaskan, laporan Bank Dunia, International Debt Statistics 2021, utang luar negeri Indonesia saat ini menempati urutan ke-6 tertinggi di antara negara-negara berpendapatan menengah dan rendah.

Saat ini, utang luar negeri Indonesia lebih dari US$402 miliar, jauh lebih besar dibandingkan utang Argentina, Afrika Selatan, ataupun Thailand. Selain utang luar negeri, tahun ini pemerintah juga telah menerbitkan Global Bond sebesar US$4,3 miliar dengan tenor 30 tahun. Artinya, utang ini akan jatuh tempo pada tahun 2050.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar