Bertemu Jokowi di Istana Bogor, PM Jepang Siapkan Pinjaman Rp6,932 Triliun

BILATERAL: Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima kunjungan PM Jepang Yoshihide Suga (kedua kiri) Madam Suga Mariko di Istana Bogor, Jabar, Selasa (20/10). (ANTARA FOTO/SETPRES LAILY RACHEV)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pundi-pundi keuangan negara untuk menangani dampak wabah Covid-19 kembali terisi. Sebab, Jepang berkomitmen akan memberikan pinjaman bantuan fiskal 50 miliar yen atau sekitar Rp6,932 triliun.

Komitmen pemberian pinjaman bantuan fiskal itu disampaikan langsung oleh Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga setelah pertemuan resmi dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor kemarin (20/10).

’’Hasil konkret pertama adalah mempertimbangkan dampak Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia, menetapkan pinjaman bantuan fiskal 50 miliar yen,’’ kata Suga.

Ini adalah kunjungan pertama Suga ke Indonesia setelah terpilih menggantikan Shinzo Abe pada September lalu.

Dia menjelaskan, anggaran itu dialokasikan untuk peningkatan kapasitas penanggulangan bencana di Indonesia. Selain itu, Indonesia dan Jepang menjalin kerja sama pengkajian kesehatan melalui pemberian peralatan medis.

Dalam kesempatan tersebut, Suga juga menyampaikan komitmen kerja sama infrastruktur. ’’Seperti pembangunan MRT, kereta semicepat Jakarta–Surabaya, Pelabuhan Patimban, pembangunan pulau-pulau terluar, serta ketahanan ekonomi,’’ jelasnya. Selain itu, ada kerja sama keamanan dan pertahanan. Termasuk program penguatan SDM dalam penegakan hukum di laut.

Presiden Jokowi menyatakan menghargai kunjungan Suga. Apalagi, kunjungan tersebut dilakukan saat wabah Covid-19 masih melanda Indonesia. ’’Saya meyakini keputusan berkunjung ke luar negeri, khususnya ke Indonesia, pada masa pandemi ini tidak mudah,’’ tuturnya.

Jokowi menyebut kunjungan tersebut sebagai simbol komitmen kuat dari persahabatan kedua negara. (jpc/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar