DILAN Siapkan Ambulans Pengantar Mayat di Setiap Kelurahan

Rabu, 21 Oktober 2020 11:43

DILAN

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pasangan calon nomor urut tiga, Syamsu Rizal-Fadli Ananda, menyempurnakan program bidang kesehatannya dengan mencanangkan program Satu Kelurahan Satu Ambulans. Program tersebut melengkapi program terdahulu paket dengan akronim DILAN yakni Dokter Setiap RW (Si Dora) dan Jaminan Kesehatan Terpadu Berbasis Digital (Jaket Dilan).

Dokter Fadli menyampaikan program Satu Kelurahan Satu Ambulans merupakan upaya DILAN melakukan pemerataan layanan kesehatan. Program itu sejalan dengan Si Dora dan Jaket Dilan. Program itu juga melengkapi program pemerintah. Jika dulunya setiap puskesmas hanya ada satu ambulans untuk mengantar pasien dan mayat, maka dengan program DILAN akan ada tambahan ambulans yang khusus mengantar mayat. 

“Program Satu Kelurahan Satu Ambulans ini menyempurnakan program kesehatan DILAN, baik itu Si Dora, Jaket Dilan dan lainnya. Program-program kesehatan kita saling terintegrasi dan seiring sejalan. Nah, untuk program ambulans DILAN itu dikhususkan untuk pengantar mayat sehingga di puskesmas akan ada dua ambulans, satu untuk pasien dan satu untuk mayat,” ucap kader dan pengurus Nahdlatul Ulama (NU) ini, Rabu (21/10/2020).

Lebih jauh, ia menyampaikan program ambulans ini juga akan dinikmati masyarakat kepulauan. Bila kelak DILAN terpilih, pihaknya pastinya akan mengupayakan ambulans laut untuk warga kepulauan. “Tidak boleh ada pembedaan akses layanan kesehatan. Makanya, kita juga akan siapkan ambulans laut untuk warga pulau,” tuturnya. 

Komentar