Hindari Covid-19, PD Pasar Makassar Buat Inovasi Belanja di Pasar dari Rumah

Rombongan PT Media Fajar Koran bersilaturahmi ke PD Pasar Makassar Raya

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— PD Pasar Makassar Raya membuat inovasi. Demi menghindari penyebaran Covid-19, belanja di pasar bisa dilakukan dari rumah. Tanpa harus ke pasar.

“Kami sudah melakukan kerja sama dengan Gojek dan Grab. Konsumen yang di rumah tinggal memesan barang lewat aplikasi Gojek atau Grab untuk berbelanja di pasar,” ujar Direktur Operasional PD Pasar Raya, Saharuddin Ridwan di ruang kerjanya, Kamis (15/10/2020) saat menerima rombongan pimpinan PT Media Fajar Koran.

Menurut pria yang akrab disapa Sahar tersebut, pesanan dilakukan melalui sistem daring. Ada aplikasi khusus. Sangat aman, karena tidak perlu bertemu banyak orang di pasar. “Cukup menunggu belanjaan di rumah,” beber mantan wartawan tersebut.

Di pasar, jelas dia, sudah ada petugas khusus yang siap membantu membelanjakan. Pengemudi Gojek maupun Grab tinggal memperlihatkan daftar pesanan. Nantinya, petugas khusus PD Pasar Makassar Raya yang berbelanja.

“Pengemudi Gojek atau Grab cukup menunggu saja. Tidak perlu bertransaksi langsung dengan penjual. Petugas kami lebih tahu mana komoditas yang berkualitas. Kami jamin,” terang Sahar.

Inovasi ini, jelas Sahar, juga mendukung upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Otomatis protokol kesehatan pun akan berjalan efektif. Terutama dalam menjaga jarak. Ada jarak antara pembeli, pengemudi daring, dan pedagang di pasar.

Sebelumnya PD Pasar Makassar Raya juga telah bekerja sama dengan Malltronik. Malltronik adalah layanan digital untuk mengakses sayur-mayur atau buah-buahan segar tanpa harus berdesak-desakan di pasar. Tidak ada kontak fisik, karena pembayarannya secara COD (Cash on Delifery) atau secara digital.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar