J3K, Jurus Cinta Gojek di Tengah Pandemi

Rabu, 21 Oktober 2020 10:50

Posko Aman Gojek/dok

Jika dihitung menggunakan metode nilai tambah ke perekonomian Makassar, salah satu peneliti LD FEB UI, Turro S. Wongkaren, Ph.d, menyebut Gojek memberikan tambahan sebanyak Rp4,6 triliun ke perekonomian Kota Makassar di tahun 2019.

Dalam riset bertajuk “Peran Ekosistem Digital Gojek di Ekonomi Indonesia Sebelum dan Saat Pandemi COVID-19″ itu terungkap bahwa tahun lalu, UMKM di Kota Makasar mengalami  peningkatan omzet sebesar 35% setelah mereka menjadi mitra GoFood.

Sejak bergabung dengan Gojek, omzet social sellers GoSend juga meningkat 10%, dan omzet UMKM GoPay meningkat 18%. Selain itu 78% UMKM GoFood juga mengalami peningkatan volume transaksi dan 98% dari  mereka mendapatkan pelanggan baru.

Para pelaku usaha menurut riset itu cukup realistis melihat dampak panjang dari pandemi yang saat ini sedang terjadi. Meski demikian, mereka optimis usaha mereka dapat tetap tumbuh dan penghasilan mereka kembali seperti sebelum pandemi dengan berada dalam suatu ekosistem digital.

LD FEB UI juga menemukan fakta bahwa Gojek masih menjadi andalan pelanggan untuk adaptasi kebiasaan baru. Penelitian itu mengungkapkan bahwa mayoritas pelanggan (93%), menganggap keamanan layanan Gojek lebih baik dari standar industri. Mayoritas dari pelanggan (86%) juga merasa aplikasi Gojek telah membantu beradaptasi dengan kebiasaan baru dan mendukung mereka tetap produktif selama pandemi.

Bagikan berita ini:
5
2
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar