Margin Error Survei SMRC Sangat Tinggi, Jubir Appi-Rahman: Kita Tidak Pakai Hasilnya

Jubir Appi-Rahman, Fadli Noor

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kubu Appi-Rahman menanggapi hasil survei Pilwakot Makassar yang dirilis SMRC. Dengan 49% pemilih yang belum menentukan pilihan, Appi-Rahman menanggapi santai hasil survei tersebut.

“Ada hasil elektoral yang sangat jauh berbeda dari lembaga yang kami gunakan dibandingkan hasil SMRC,” tanggap Jubir Appi-Rahman, Fadli Noor, Rabu (21/10/2020).

“Setelah kami telusuri, SMRC hanya menggunakan 410 responden sampel dengan margin error 5% sehingga sudah sangat tepat SMRC berkesimpulan pada hasil risetnya sendiri bahwa masih sangat banyak warga yaitu 49 persen yang menyatakan baru akan memastikan pilihan ketika waktu pilkada sudah dekat,” lanjut Fadli.

“SMRC juga berkesimpulan bahwa dukungan warga kepada masing-masing calon masih sangat mungkin berubah. Ini tentu jadi pertimbangan dalam membaca hasilnya” ungkap Ketua PSI Sulsel itu.

Seperti yang diketahui, survei SMRC dirilis siang tadi. Paslon ADAMA di posisi pertama dengan 41,9 persen. Kemudian Appi-Rahman 17,8 persen. Di urutan ketiga pasangan Dilan 16,6 persen. Lalu di posisi terakhir None-Zunnun 6,8 persen.

“Appi-Rahman juga menggunakan beberapa lembaga survei nasional untuk memotret hal yang sama karena sangat penting untuk mengukur upaya-upaya elektoral yang telah kami lakukan,” kata Fadli lagi.

Kesimpulan SMRC tersebut, masih menurut Fadli, menunjukkan potensi perubahan elektoral akan sangat drastis dari hasil riset ini dalam sisa waktu yang ada. “Sehingga kami konsisten menggunakan hasil survei internal dengan reliabilitas yang lebih kuat,” tutupnya. (rilis)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar