Survei SMRC: 41,9 Persen Responden Percaya Danny-Fatma Mampu Pimpin Makassar

Rabu, 21 Oktober 2020 15:21

Danny-Fatma

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Minus dua bulan lagi Pilwalkot Makassar 2020 bakal dihelat. Siklus politik semakin memanas. Elektabilitas empat pasangan calon saling salip menyalip.

Yang terbaru, hasil survei yang dirilis Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis survei popularitas dan elektabilitas terhadap empat pasangan calon di Pilkada Kota Makassar, di Hotel Aryaduta Makassar, Rabu (21/10/2020).

Survei SMRC dilaksanakan pada 21-25 September 2020 dengan populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia di Kota Makassar yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni merekayang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani menjelaskan, dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 410 orang. Sampel dipilih dengan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Toleransi kesalahan (margin of error) survei diperkirakan ±5% pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

“Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti,” jelas Deni.

Hasilnya, pasangan Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (ADAMA) mengungguli lawan-lawannya dengan perolehan sebesar 41,9%, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman) 17,8%, Syamsu Rizal-Fadli Ananda (DILAN) 16,6%, dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun (IMUN) 6,8%. Sementara yang belum tahu atau belum menentukan pilihan 16,9%.

Bagikan berita ini:
3
6
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar