Antisipasi Banjir, Pj Wali Kota Makassar Minta Warga Tak Buang Sampah Sembarangan

Pj Walikota Makassar, Rudy Djamaluddin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Banjir menjadi salah satu perhatian di tengah pergantian cuaca dari musim kemarau ke musim hujan.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengatakan, bencana alam seperti banjir memang tidak bisa dilawan, namun bisa diminimalisir. Seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Mendorong masyarakat untuk berperilaku sehingga terjadinya banjir itu, yah caranya itu tadi, jangan buang sampah sembarangan. Kalau Drainase di depan rumahnya 6 meter 7 meter ternyata adami sampah pungut sendiri, itu paling jitu,” ungkapnya, Kamis (22/10/2020).

Menurut Rudy, kesadaran masyarakat dalam memelihara Drainase lingkungannya menjadi salah satu faktor untuk meminimalisir terjadinya banjir.

“Karena apapun pemerintah lakukan kalau masyarakat sendiri yang sulit dikontrol tidak akan selesai persolan,” tambahnya.

Kata Rudy, apa yang dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi banji tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh masyarakat. Perlu dukungan dan kesadaran dari warga Kota Makassar.

“Kesadaran masyarakat yang harus kita Dorong, supaya mereka mau sadar,” ujar Rudy.

Rudy menuturkan, kebanyakan masyarakat mengeluh setelah banjir terjadi. Padahal, jika menjaga drainase dan kebersihan lingkungan, maka hal itu bisa diminimalisir atau bahkan bisa dicegah.

“Jaga itu drainase, jangan seakan akan masyarakat tidak jaga drainasenya baru datang el ninanya, banjir baru mengeluh. Nah itu namanya tidak ada gunanya itu namanya mengeluh tanpa upaya,” pungkasnya. (ikbal/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar