BMKG IV Makassar Peringatkan Masyarakat Fenomena La Nina

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau monitor citra satelit cuaca. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — BMKG Pusat telah memperingatkan adanya peningkatan intensitas hujan hingga 20-40% pada akhir hingga awal tahun 2021, fenomena tersebut dikenal dengan La Nina.

Prakirawan BMKG IV Makassar Nur Asia Utami mengatakan, fenomena La Nina di wilayah Kota Makassar masih belum intens untuk saat ini.

Setidaknya, kata dia, ada dua tahap yang terjadi yaitu Periode Oktober, November dan Pertengahan Desember instensitas hujan dipastikan akan meningkat, akhir Desember hingga awal tahun intensitas hujan dipastikan akan sangat keras dan perlu diwaspadai.

“Oktober ini memang baru memasuki musim hujan atau transisi. Kalau untuk La Nina sendiri biasanya memang ada peningkatan curah hujan, itu untuk Oktober hingga Desember La Nina masih lemah, dan awal tahun itu lebih tinggi lagi jadi perlu diwaspadai,” katanya, Kamis (22/10/2020).

Dia melanjutkan bahwa fenomena La Mina itu berasal dari El Nino yaitu kondisi saat setahun penuh intensitas panas lebih tiggi sehingga memupuk awan hujan lebih banyak di tahun selanjutnya.

Dia mengimbau masyarakat untuk lebih mewaspadai hal ini karena fenomena La Nina tahun ini memiliki intensitas hujan sangat tinggi dari biasanya.

“Itu bisa diwaspadai sekarang angin kencang, hujan tiba-tiba dan ada petir kilat biasanya cukup sering terjadi sekarang di musim transisi,” ujarnya. (ikbal/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar