Data Covid-19 di 4 Provinsi, Luhut Panjaitan: Dansatgas, Menkes, Gubernur, Pangdam, Kapolda, Tolong Lihat

Kamis, 22 Oktober 2020 11:24

Luhut Binsar Panjaitan

Hal itu menurutnya terlihat di Provinsi Jawa Timur yang akibat perubahan perilaku masyarakat, angka positif Covid-19 di sana menurun.

“Ini datanya real time. Kita berharap di daerah-daerah yang kasusnya tinggi supaya itu dilakukan seperti di Provinsi Jatim. Jadi kerja sama antara gubernur, kapolda, pangdam, dinkes sangat penting,” tegas Luhut.

Empat provinsi itu juga diminta memastikan adanya sistem karantina terpusat sebagai upaya agar pasien yang OTG atau bergejala rendah tidak menularkan ke orang lain saat melakukan isolasi mandiri.

Kemudian, Kemenkes juga diminta memastikan ketersediaan obat, tempat tidur ICU, dan memahami tata laksana klinis perawatan COVID-19. Menkes Terawan Agus Putranto dan jajaran juga diminta untuk mengecek kembali tata laksana di rumah sakit-rumah sakit rujukan.

“Agar memastikan ketersediaan seluruh aspek medis, ketersediaan obat, reagen, kapasitas tempat tidur, dan sosialisasi tata laksana klinis pasien COVID-19, berjalan dengan baik,” pinta Luhut.

Dia menjelaskan bahwa pemerintah telah menyusun tiga strategi dalam penanganan pandemi Covid-19. Pertama, perubahan perilaku dan deteksi awal penyebaran, kedua pembangunan pusat-pusat karantina dan isolasi, serta ketiga manajemen perawatan.

Bagikan berita ini:
1
6
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar