Gelar Rakor, Rudenim Makassar Bahas Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Rumah Detensi Imigrasi (Redenim) Makassar menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) antar stakeholder penanganan pengungsi dari Luar Negeri di Kota Makassar (22/10).

Bertempat di Hotel Continent Center Point Panakkukang, kegiatan Rapat Koordinasi dengan mengambil tema “Optimalisasi Sinergitas Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri di Kota Makassar”.

Pada kegiatan ini bertindak selaku narasumber Mukhtar Tahir (Kepala Dinas Sosial Kota Makassar) dan Mirza Akbar (Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan) .

Dalam rapat dipertanyakan mengenai Satgas Penanganan Pengungsi yang telah terbentuk di Kota Makassar sejak tahun 2019, hal ini dikarenakan keluarnya Surat Edaran Mendagri Nomor : 300/2308/SJ tanggal 11 Maret 2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri di Kabupaten/Kota.

Isi Edaran tersebut memuat susunan keanggotaan satgas dengan tampuk jabatan ketua satgas penanganan bukan diamanatkan ke Dinas Sosial, melainkan kepada Kesatuan Bangsa dan Politik. Untuk hal tersebut, Mukhtar berjanji akan membuat telaahan.

“Kami justru akan merasa terbantu kalau seperti itu, karena pekerjaan Dinas Sosial memang sudah terlalu banyak yang diurusi,” kata Muhtar.

Selanjutnya, Kepala Rudenim Makassar Togol Situmorang mengharapkan bahwa Rapat Koordinasi ini dapat menjadi ajang pertemuan antar stake holder terkait.

“Satgas mengemban tanggung jawab dalam penanganan pengungsi dari Luar Negeri di Kota Makassar, untuknya kolaborasi lintas sektor antar anggota satgas diperlukan agar persoalan pengungsi yang berjumlah 1671 orang di Kota Makassar dapat ditangani secara baik,” ujar Togol Situmorang.(ishak/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar