JK: Penemu Obat Corona Berjasa dalam Kemanusian

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, VATIKAN — Wakil Presiden RI ke-10 & 12 Jusuf Kalla mengusulkan para ahli medis yang berhasil menemukan obat yang dapat menghentikan pandemi Covid-19 agar diberikan penghargaan. Sebab sosok tersebut adalah orang yang berjasa dalam hal kemanusiaan dan berdampak internasional.

Hal tersebut diutarakan Jusuf Kalla yang akrab disapa Pak JK saat memberikan usulan kriteria kepada para Dewan Juri Zayed Award for Human Fraternity di Roma-Italia, Kamis 22/10/2020 pagi waktu setempat. Seseorang yang menerima penghargaan haruslah menunjukkan kesuksesannya yang berdampak internasional.

“Jadi penerima penghargaan haruslah menunjukkan kesuksesannya dalam hal persaudaraan yang membawa berkah atau manfaat ke aspek kehidupan lainnya. Dan, prestasinya itu harus berdampak internasional,” tegas Pak JK.

Contoh: seorang ahli yg menemukan cara atau obat menghentikan covid-19 yg menyelamatkan manusia, adalah org yangberjasa dalam hal kemanusiaan dan berdampak internasional.

Dalam pertemuan yang menggunakan Bahasa Perancis, Arab dan Inggris tersebut, usulan Pak JK diterima dengan baik oleh para juri.

Para juri juga diingatkan agar tidak boleh berbicara mengenai dirinya dan misinya dalam proses penyeleksian. Ini untuk menjaga independensi tim juri.

“Biarlah komite penghargaan yang bicara. Juri itu ibarat hakim, tak boleh memberi komentar,” ujar JK.

Panel juri juga menyetujui bahwa dimensi hak azasi manusia juga harus menjadi dasar penilaian dan pengambilan keputusan tentang siapa pemenang penghargaan tersebut.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar