Kaji Daya Saing Entitas Pertanian dan Kesejahteraan Petani, Ariady Arsal Raih Gelar Doktor

Ariady Arsal

FAJAR.CO.ID — Ariady Arsal, anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan menyelesaikan studi S3 di Pasca Sarjana Unhas, Kamis (22/10/2020).

Mantan Ketua Fraksi PKS DPRD Sulsel ini menyusun Disertasi dengan judul “Daya Saing Entitas Pertanian dan Kesejahteraan Petani (Studi Kasus Sulawesi Selatan)”.

Ariady mengungkapkan terdapat enam pilar pembentuk daya saing pertanian di Sulawesi Selatan yakni kualitas manusia, infrastruktur pertanian, institusi, pasar, teknologi dan modal. Daya saing pertanian Sulawesi Selatan berada pada tingkat sedang.

Hal ini diantaranya disebabkan karena belum berjalan secara meratanya pembangunan pertanian. Teknologi pertanian dari segi traktor dan mesin pengolahan hasil panen tersentralisasi di Sidrap, Wajo, Pinrang dan Bone.

Demikian pula pembangunan jaringan irigasi terbesar di Sidrap, Pinrang dan Soppeng. Sementara daerah dengan lahan pertanian yang luas, jaringan irigasi masih dendah seperti terjadi di Luwu Timur.

Industri pertanian perlu untuk diarahkan ke hulu, dimasing-masing daerah untuk mempercepat pembangunan pertanian. Demikian pula peran pemerintah untuk terlibat lebih jauh mengintervensi sehingga ketimpangan pembangunan pertanian dapat diatasi, yang secara langsung akan meningkatkan daya saing pertanian dan kesejahteraan.

Promosi Doktor ini dipimpin langsung Dekan Pasca Sarjana Prof Jamaluddin Jompa dengan Promotor Prof Darmawan Salman dan Kopromotor Prof Imam Mujahidin Fahmid dan Dr Mahyuddin.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar