Kurangi Angka Penularan Covid-19, Menkes Terawan: Protokol 3M Ampuh

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan 3M yakni wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan 3M yakni wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Sementara, pemerintah terus meningkatkan penulusuran kontak melalui 3T yakni testing, tracing, dan treatment.

Menurut Terawan, masyarakat harus semakin disiplin di tengah angka kesembuhan pasien Covid-19 yang semakin tinggi.

“Pencegahan jelas, dengan melalui gerakan 3M memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Itu pencegahannya. Mengenai responsnya penelusuran kontak peningkatan publikasi risiko dan sebagainya,” kata Menkes Terawan dalam Webinar baru-baru ini.

Menurutnya, masyarakat yang mulai taat 3M sangat penting untuk mengurangi angka kasus penularan. “Itu menunjukan harapan optimisme yang luar biasa di tengah situasi ekonomi sudah mulai berjalan. Optimisme ke depan kita mampu melewati ini,” tegasnya.

Menkes Terawan juga menegaskan dalam peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia sebelumnya, bahwa itu salah satu cara paling efektif dan sederhana untuk menghentikan penyebaran virus dan berbagai penyakit menular lainnya. Kebersihan tangan dapat menyelamatkan nyawa. Karena itu, pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil bersama-sama membentuk Kemitraan Swasta-Publik untuk Cuci Tangan Pakai Sabun (KSP-CTPS) untuk mempromosikan advokasi dan inisiatif berkelanjutan dalam meningkatkan praktik Cuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia.

Menkes meminta semua kementerian/lembaga dan pemangku kepentingan untuk mendorong pentingnya praktik cuci tangan pakai sabun demi mencegah penyebaran Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar