Kurangi Resiko Jantung, Ini 5 Manfaat Lain Mengonsumsi Kunyit

Kamis, 22 Oktober 2020 11:08

Putu Wida meminum jamu buatannya di rumahnya di Banjar Pengosekan Kaja Desa Mas (Istimewa)

Selain itu, kurkumin juga bisa meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di dalam tubuh dan memblokir molekul-molekul radikal bebas. Dengan cara itulah, kurkumin mampu mencegah kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang diyakini sebagai salah satu penyebab masalah penuaan dan berbagi macam penyakit.

  1. Mencegah Diabetes

Kurkumin juga bisa menjaga kestabilan kadar gula darah sehingga mampu mencegah dan mengobati diabetes tipe 2. Selama ribuan tahun, tanaman ini telah dipercaya sebagai obat untuk membantu mengatasi diabetes pada pengobatan tradisional Tiongkok.

Menurut penelitian A. Sahebkar yang diterbitkan pada tahun 2013, dalam beberapa uji klinis pasien diabetes tipe 2, kurkumin diketahui bisa membantu mengobati diabetes dan komplikasinya.

Bahkan, sejumlah penelitian juga telah menunjukan kurkumin mampu mengurangi peradangan dan menunda atau mencegah resistensi insulin.

  1. Mengurangi Gejala PMS

Dikutip dari Mindbodygreen, menurut Kanchan Koya, Ph.D., spice expert, kunyit adalah salah satu rempah yang sangat bagus untuk mengurangi gejala PMS. Lebih lanjut, menurut jurnal yang berjudul Curcumin Attenuates Severity of Premenstrual Syndrome Symptoms: A Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Trial, kurkumin memiliki efek yang sangat baik untuk mengurangi gejala PMS, berkat sifat anti-inflamasi yang dimilikinya.

Bagikan berita ini:
5
6
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar