Kepercayaan Investor Berkurang, BI Pertahankan Suku Bunga di Angka 4 Persen

Direktur Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Perwakilan Sulsel, Endang Kurnia Saputra

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Berdasarkan hasil rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan di angka 4 persen sama seperti periode sebelumnya.

Direktur Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, Endang Kurnia Saputra mengatakan kebijakan penetapan suku bunga di angka 4 persen tersebut sebagai upaya BI mendukung proses pemulihan ekonomi dengan hasil signifikan.

Bahkan pihaknya memprediksi pertumbuhan ekonomi akan membaik pada triwulan satu awal tahun 2021.

“Keputusan itu mempertimbangkan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah, di tengah inflasi yang diprakirakan tetap rendah,” ucap Adang sapaan akrabnya.

Kendati perekonomian diprediksi kembali tumbuh positif, ia mengaku belum dapat memastikan angka pasti kenaikan ekonomi tersebut.

Adang menjelaskan, hal itu terjadi lantaran beberapa faktor. Salah satunya dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan investor asing yang tarik ulur dalam menanam modal di Indonesia.

“Tingkat kepatuhan kedisiplinan masyarakat Indonesia yang terbilang masih rendah kalau dibandingkan dengan masyarakat Luar Negeri,” bebernya.

Seperti warga asal Singapura, Thailand dan Jepang yang dinilai lebih disiplin dalam menerapkan dan menaati protokol kesehatan guna menekan laju penyebaran wabah virus Corona. (Anti/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar