Pabrik Gula PAG Diresmikan, Akrabnya Jokowi Bersama Mantan Mentan di Bombana


FAJAR.CO.ID, BOMBANA – Disambut dengan penjagaan dan protokol kesehatan yang ketat, Presiden RI, Jokowi Widodo tiba di Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis (22/10/2020).

Kunjungan kerja Jokowi ini dalam rangka meresmikan pabrik gula yang berada di Kabupaten Bombana. Pabrik gula milik PT Prima Alam Gemilang (PAG) itu berlokasi di Desa Watuwatu, Lantari Jaya, Kabupaten Bombana.

Kepala Negara dengan didampingi oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung terlihat kompak mengenakan seragam putih.

Jokowi bersama rombongan disambut oleh dua pengusaha yang juga pemilik pabrik gula tersebut, Andi Syamsuddin Arsyad atau yang lebih dikenal sebagai Haji Isam dan Andi Amran Sulaiman.

Tampak berbincang akrab Jokowi bersama Amran Sulaiman dilokasi. keduanya pun dikenal karib. Kedekatan keduanya sudah terbangun sejak lama. Di masa kampanye, Amran merupakan salah satu relawan Sahabat Rakyat Indonesia. Ia pun pernah tergabung pada Kabiner Kerja Jokowi-Jusuf Kalla periode 2014-2019.

Di tengah terik matahari di siang hari, Amran Sulaiman pun mendampingi Jokowi meninjau dan menjelaskan beberapa titik lokasi di pabrik itu. Diantaranya meninjau lokasi panen tebu yang berada di areal pabrik terintegrasi dan meninjau pabrik gula dan gudang penyimpanan yang ada.

Untuk diketahui, pabrik dengan kapasitas produksi yang tergolong besar di Indonesia ini dioperasikan oleh PT Prima Alam Gemilang dengan teknologi modern yang didukung otomatisasi. Pabrik ini sudah mulai berproduksi pada Agustus lalu, dengan kapasitas pengolahan tebu sebanyak 8.000 TCD (ton cane per day) yang dapat ditingkatkan hingga 12.000 TCD. Dengan kapasitas tersebut, pabrik mampu memproduksi gula kristal putih sebanyak 800-1.200 ton per hari.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR