Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Beri Keringanan Pembayaran Tunggakan

Pegawai BPJS Kesehatan sedang memberikan pelayanan kepada calon peserta di Kantor BPJS Kesehatan Jl Pettarani Kamis, 2 Juli -- TAWAKKAL/FAJAR

FAJAR.CO.ID, BONE –BPJS Kesehatan memberikan keringanan pembayaran tunggakan JKN. Keringanan itu bagi peserta PBPU, PPU BU yang memiliki tunggakan lebih dari enam bulan.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari, merinci, peserta JKN KIS 223.059.270 jiwa per 1 Oktober 2020. dan ini sudah lebih 83 persen datanya valid. “Tidak ada yang dobel,” katanya,  Jumat (23/10/2020).

Kata dia, BPJS Kesehatan diberikan tugas tidak untuk mencari keuntungan, melainkan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. “Kami terus-menerus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan kepada peserta. Dan tidak ada alsan untuk menurunkan pelayanan,” tambahnya.

Selama pandemi tutur Andayani, ada beberpa inovasi dari BPJS. Pelayanan digital, skrining mandiri Covid-19, peserta kalau datang ke faskes tingkat pertama tidak terlalu lama.

“Program ini akan membantu pemerintah untuk bisa mengurangi mata rantai dari pada penularan covid. Saat ini, sebanyak 15.112 jumlah fasilitas kesehatan. Memberikan kepastian layanan, tingkat pertama lebih mudah, cepat, dan pasti. Kami mempunyai proses rujukan ke rumah sakit yang mudah. Semuanya terintegrasi dalam aplikasi Mobile JKN,” bebernya.

Sambung Andayani, BPJS Kesehatan juga mempunyai program keringanan pembayaran tunggakan JKN. Itu bagi peserta PBPU, PPU BU yang memiliki tunggakan lebih dari enam bulan.

“Sampai dengan 9 Oktober 2020 telah dimanfaatkan oleh 447 badan usaha dan 85.482 peserta mandiri,” jelasnya. (agung/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar

Saksikan video berikut: