Warga Mudik, Polri Ingatkan Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

ILUSTRASI: Seorang ibu bersama anaknya berjalan kaki menuju Pelabuhan Ketapang, Rabu (27/5). (Ramada Kusuma/Jawa Pos Radar Banyuwangi)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Korps Lalu Lintas (Korlantas ) Polri memprediksi akan terjadi gelombang mudik pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. Namun, kondisi ini dikhawatirkan bisa meningkatkan potensi penularan Covid-19, mengingat saat ini masih berlangsung pandemi.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksawan mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan 3M bagi yang terpaksa bepergian. 3M yang dimaksud yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara rutin.

“Iya itu tetap mengimbau menjaga protokol kesehatan,” kata Rudy beberapa waktu lalu.

Ia menuturkan, Korlantas akan semaksimal mungkin mencegah terjadinya kerumuman selama arus mudik dan arus balik. Dengan begitu, potensi penularan Covid-19 bisa diminimalisir.

“Nanti di rest area pembatasan kapasitas 50 persen. Ini tergantung masing-masing pemda,” imbuhnya.

Di sisi lain, Korlantas menghimbau masyarakat untuk tetap mengikuti arahan pemerintah daerah. Yakni dengan mengurangi mobilitas. Serta tidak bepergian jika tidak ada hal yang mendesak. “Kalau pemerintah mengimbau ya tetap di rumah saja kan,” pungkasnya. (jpc)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar