Appi ke Timungan Lompoa, Warga Curhat Soal Buruknya Drainase

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Persoalan banjir dan minimnya air bersih menjadi topik dialog warga Jalan Sunu, Kelurahan Timungan Lompoa, Kecamatan Bontoala saat dikunjungi Calon Walikota Makassar, Munafri Arifuddin (Appi), Sabtu (24/10/2020). Buruknya drainase menjadi penyebabnya.

Seperti yang diakui H. Syamsuddin, tokoh masyarakat setempat yang juga pedagang di Pasar Sentral Makassar. Ia menyebut, kebutuhan mendasar yang diinginkan warga adalah sistem drainase lingkungan yang tertata, utamanya kanal Pannampu.

“Paling mendesak adalah drainase pak,” keluhnya di sela-sela dialog.

Tidak tertatanya sistem drainase di Bontoala, jadi penyebab utama wilayah tersebut sering terendam saat musim penghujan datang. Ditambah buruknya kanal Pannampu yang bau dan banyak sampah.

Appi pun merespon keinginan warga. Pasangan Calon Wakil Walikota, Rahman Bando ini, berjanji akan memperhatikan sistem drainase di Bontoala. “Memang jalur pembuangan yang harus ada. Harus ditata sebaik-baiknya. Itu yang akan kami lakukan,” tegas Appi.

Paslon nomor urut 2 itu juga berencana merivitalisasi kanal tersebut dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulsel agar kanal tersebut bisa menjadi kawasan asri dan hijau.

Appi juga berkomitmen akan menghadirkan pelayanan kesehatan merata tanpa pandang bulu untuk semua kalangan masyarakat.

“Hal yang tak kalah penting adalah keluhan kamar kelas III penuh. Warga pun terpaksa memilih kelas II atau kelas I dengan harus mengeluarkan biaya tambahan. Kami akan siapkan rumah sakit rawat inap di setiap kecamatan, tidak ada lagi sistem kelas, siapa pun yang datang duluan dia yang akan menikmati fasilitas rumah sakit tersebut. Semua kelas rata. Untuk semua kalangan dan lapisan ekonomi masyarakat,” papar Appi di hadapan puluhan warga yang hadir.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar