Bertahan saat Pandemi, La Nyalla Apresiasi UMKM Kripik Singkong


FAJAR.CO.ID, MALANG– Kinerja sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) selama Pandemi Covid-19 menjadi salah satu perhatian Senator asal Jawa Timur AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam rangkaian reses di Malang, Jawa Timur.

LaNyalla menegaskan, kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sangat besar, mencapai sekitar 54 persen. Untuk itu, pemulihan ekonomi di masa Pandemi ini harus mengikutsertakan peran UMKM secara lebih dominan, karena telah terbukti sebagai backbone perekonomian di Jawa Timur.

“UMKM telah teruji di masa krisis. Karena itu saya ingin melihat langsung kinerja di masa Pandemi ini. Salah satu yang saya apresiasi adalah industri kecil pembuatan Kripik Singkong di Malang, yang tetap berkinerja baik di tengah Pandemi,” ujar LaNyalla saat mengunjungi tempat produksi Kripik Singkong Lumba-Lumba, di kawasan Turen, Kabupaten Malang, Minggu (25/10/2020).

Mantan ketua umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jatim itu juga mengapresiasi pemilik UMKM yang tidak mengurangi 120 tenaga kerjanya, dan tetap menyerap singkong hasil tanam masyarakat sekitar. “Sementara banyak industri skala besar mengurangi jumlah karyawan. Tapi UMKM ini tetap bertahan. Ini tentu harus diapresiasi,” tukasnya.

Meskipun diakui LaNyalla, ada beberapa UMKM yang terdampak. Karena tidak semua komoditas yang dihasilkan mampu terserap pasar di tengah Pandemi. Karena itu, ia mendukung agenda KADIN Jatim yang akan menggelar pameran produk UMKM Jatim di Grand City Surabaya pertengahan November nanti.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar