Peringatkan Bahaya Rokok, Diskes Makassar Gencarkan Sosialisasi


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar tengah menggelar sosialisasi tentang bahaya rokok di Hotel Grand Asia, Jalan Boulevard, Sabtu (24/10/2020).

Peserta sosialisasi tersebut berasal dari kader lorong tanpa asap rokok (Lontar) binaan setiap puskesmas di Kota Makassar.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, upaya tersebut dilakukan untuk mencegah adanya perokok pemula. Khususnya bagi para remaja agar tidak pernah mencoba merokok.

“Jadi Kita sosialisasi, sasarannya adalah pol PP, kader kader lorong, karena kami punya Lontar, atau Lorong tanpa asap rokok, jadi kita harapkan lorong-lorong itu bebas polusi asap rokok, nah itu yang kita sosialisasi tentang Perda no. 4 tahun 2013 tentang kawasan tanpa rokok,” ungkapnya.

Menurut Naisyah, upaya pencegahan perokok pemula penting dilakukan. Upaya menggandeng para kader Lontar diharapkan meminimalisir para remaja untuk menyentuh rokok. Apalagi efek yang ditimbulkan sangat berbahaya.

“Nah sasarannya perokok-perokok remaja. Maksudnya perokok pemula bagaimana jangan ada yang memulai merokok, itu yang kita harapkan, pencegahannya, jangan sampai remaja ada yang mencoba-coba, begitu satu kali mencoba susah berhenti,” ucap Naisyah.

“Jadi ini yang mau kita sosialisasikan melalui kader Lontara mereka yang sosialisasi di wilayahnya lorong-lorongnya,” sambungnya.

Adapun narasumber dalam kegiatan sosialisi ini dari berbagai kalangan. Seperti Satpol PP, dokter paru, staf ahli Pj Wali Kota, dan asisten II Pemkot Makassar.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar