Ekonomi Dunia Membaik, BI Sulsel Mulai Lakukan Hal Ini

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Bambang Kusmiarso

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Bambang Kusmiarso mengatakan pertumbuhan ekonomi secara global mulai membaik.

Namun kondisi ekonomi dapat dikatakan betul-betul membaik, kata dia, sangat bergantung terhadap faktor eksternal.

“Apa yang terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia adalah dampak pandemi Covid-19,” kata Bambang, Senin, (26/10/2020).

Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 sebanyak 5 persen, sementara pada akhir 2020 mendekati 0 persen.

Ia menjelaskan secara global pihaknya melihat dari sisi inflasi, stabilitas keuangan, digitalisasi atau sistem payment yang dinilai lebih ramah terhadap situasi saat ini menjadi sangat penting.

Sehingga indikator tersebut menjadi beberapa poin penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan.

“Misalnya bagaimana kita meningkatkan UMKM. Ada beberapa program UMKM sudah dilakukan, mulai dari ekonomi syariah sampai ada namanya UMKM magic artinya masih tetap hebat walaupun pandemi atau yang terakhir ini Anging Mammiri Festival dan hasil cukup baik dan besar,” beber Bambang.

Kendati, ia menyebut pertumbuhan ekonomi juga sangat bergantung dari pelaku ekonomi. Tahapan dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan membuat perekonomian berbeda dari sebelumnya.

“Segala upaya dilakukan untuk mendorong ekonomi lebih baik. Pertumbuhan ekonomi nasional terpuruk, ini cobaan. Namun tanda-tanda ekonomi sudah mulai membaik,” ungkapnya. (Anti/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar