Konsumsi Teh Serai, Ini 5 Manfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi serai. Foto: Pixabay

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Teh serai adalah teh herbal yang terbuat dari tanaman sama untuk menghasilkan minyak serai, jamu kuliner, dan lilin serai.

Tanaman ini telah lama menjadi makanan pokok masakan Asia.Serai biasanya digunakan sebagai ramuan kuliner untuk menambah rasa pada hidangan.

Juga sebagai obat herbal untuk sejumlah penyakit. Teh serai menawarkan rasa lemon yang unik tanpa gigitan asam.

Caranya: potong beberapa batang serai, masukkan ke dalam air mendidih, dan biarkan selama 10-15 menit.

Berikut ini beberapa manfaat teh serai untuk kesehatan, seperti dilansir laman Genpi.co, Senin.

  1. Penuh antioksidan

Teh serai adalah teh detoksifikasi yang dikemas dengan antioksidan.

Teh serai bisa membantu dalam detoksifikasi dan pembersihan tubuh dari dalam. Teh ini juga membantu dalam menghilangkan racun dari tubuh dengan menghilangkan retensi cairan.

  1. Menyembuhkan gejala flu

Serai memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur yang membantu mengatasi pilek, batuk, dan flu. Kandungan vitamin C dalam serai bisa memperkuat kekebalan tubuh.

Rebus beberapa serai segar bersama dengan beberapa cengkeh, sejumput kunyit dan daun teh. Ramuan sederhana ini efektif untuk memecah lendir dan pembentukan dahak.Campuran serai, daun tulsi, dan kapulaga panas juga merupakan obat Ayurvedic yang umum untuk flu.

  1. Mengatur tekanan darah tinggi

Serai adalah formula alami untuk menjinakkan tekanan darah tinggi. Serai kaya akan kalium yang meningkatkan produksi urine dalam tubuh.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar