Tahap Awal, Vaksinasi Corona Tak akan Cukup Mengcover Manusia

ILUSTRASI. Upaya untuk meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19 terus dilakukan. Salah satunya mempercepat produksi obat Covid-19. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID — Keamanan dan Efektivitas vaksin Covid-19 eksperimental akan diketahui pada awal Desember dan vaksin akan tersedia secara luas, untuk mengakhir pandemi, pada tahun depan.

Ini adalah pernyataan Dr Anthony Fauci, Direktur Institute Penyakit Menular dan Alergi Nasional dalam sebuah wawancara dengan BBC International dan dihimpun dari CNN International, Senin (26/10/2020).

“Kami akan tahu apakah vaksin itu aman dan efektif pada akhir November, awal Desember,” kata Anthony Fauci.”Jumlah dosis yang akan tersedia pada Desember pasti tidak akan cukup untuk memvaksinasi semua orang, Anda harus menunggu beberapa bulan hingga 2021.”

Fauci menambahkan vaksinasi terhadap “sebagian besar populasi manusia” sehingga berdampak signifikan terhadap penurunan infeksi Covid-19 mungkin tidak dapat dilakukan hingga kuartal kedua atau ketiga tahun 2021.

“Saya memperkirakan gabungan vaksin yang aman dan efektif serta dilakukannya protokol kesehatan yang ketat hingga kuartal tiga atau empat tahun depan, kita akan ara menuju normalitas,” terang Fauci.

Ketika dimintai pendapatan soal pernyataan Presiden Donald Trump yang menyebut AS berada ‘di tikungan’ menuju pembaikan kasus corona, Fauci mengatakan dia tidak yakin pernyataan itu benar. “Data berbicara,” terangnya.

“Saya menyesal melihat apa yang saya lihat dari kejauhan, apa yang saya lihat di Inggris … penambahan kasus sempat turun ke level yang sangat rendah tetapi sekarang kembali meningkat dengan cara yang sama seperti di AS,” terangnya. (*)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar