Viral Film Pendek Gus Muawafiq Dianggap Lecehkan Muslim Bercadar

Muslim bercadar (dok Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Sebuah film pendek yang diungah di akun YouTube Chanel NU mendapat respon negatif dari netizen. Film tersebut berjudul ‘Merah Putih vs Radikalisme’.

Dalam keterangan unggahan video itu, akun Chanel NU menjelaskan bahwa film tersebut diperankan oleh Ahmad Muwafiq alias Gus Muawafiq dan para santrinya.

Nampak dalam film tersebut, terlihat beberapa santri yang mengaku NKRI, dan santri yang disebut radikal.

Santri yang disebut radikal ini mengenakan cadar sementara santri yang NKRI hanya mengenakan jilbab dengan memegan bendera merah putih.

Dua kelompok ini dibuat saling berhadap-hadapan dan saling serang. Para santri yang NKRI nampak mengalahkan santri yang disebut radikalis. Hingga santri yang NKRI membuka paksa cadar para santri yang disebut radikalis itu.

Film ini dianggap telah mengadudomba sesama muslim. Dilihat FIN, film tersebut mendapat dislike lebih banyak ketimbang yang dilike. Ada 4,3 ribu dislike sedangkan jumlah like mencapai 3,3 ribu.

Belakangan jumlah like dan dislike film pendek ini disembunyikan tak ditampilkan lagi oleh pengelola akun Nu Channel.

“Yang bikin narasi videonya BAHLUL !!! Namanya mengadu domba sesama Muslim,” tulis salah satu netizen. Ada sekitar 10 ribu lebih netizen mengomentari dan mengecam film tersebut.

Aktivis dakwah, Ustad Hilmi Firdasu juga angkat bicara, dia menilai, film tersebut telah membenturkan sesama muslim. Dia merasa aneh, film itu seolah-seolah muslimah bercadar merupakan orang-orang yang radikalis.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar