Kampanye Kreatif dan Pemimpin Inovatif


oleh Fadli Noor

Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia Sulsel

Sampai hari ini masa kampanye Pilkada 2020 telah memasuki hari ke-31 sejak dimulainya pada 26/09/2020 lalu. Di Makassar terdapat empat kandidat yang berkompetisi untuk menjadi pasangan walikota dan wakil walikota yang memulai proses komunikasinya dengan penggunaan tagline ataupun akronim sebagai alat identifikasi yaitu Ramdhan Pomanto dan Fatmawati Rusdi dengan Adama, Munafri Arifuddin dan Abd Rahman Bando dengan Appi-Rahman, Syamsu Rizal dan Fadli Ananda dengan Dilan, serta Irman Yasin Limpo dan A Zunnun Halid dengan Imun.

Kampanye pilkada kali ini sangat berbeda dengan pilkada tahun-tahun sebelumnya. Kondisi pandemi Covid-19 yang membuat pilkada diundur bahkan nyaris ditunda hingga pandemi ini ditangani dengan baik akhirnya dapat memulai tahapan dengan aturan yang sangat ketat. PKPU 13/2020 yang mengatur Pilkada Dalam Kondisi Covid-19 adalah jalan tengah agar kedaulatan rakyat melalui pilkada dapat terakomodir demikian pula dengan hak kesehatan dan keselamatan warga yang terancam pandemi ini. Sebagai jalan tengah tentu menghasilkan berbagai kompromi termasuk berbagai larangan yang sebelumnya tak pernah dibatasi dalam pilkada sebelumnya.

Pasal 58 PKPU 13/2020 bahkan dimulai dengan menyebut agar pertemuan tatap muka mengutamakan penggunaan media daring. Jika tidak dapat dilakukan melalui media daring baru kemudian boleh dilakukan melalui pertemuan fisik dengan beragam pembatasan yang tentu saja bertujuan untuk penerapan protokol kesehatan terkait Covid-19 ini. Pilkada kali ini menantang kandidat untuk melakukan kampanye kreatif agar seluruh gagasan politik dapat didistribusikan kepada warga. Kampanye kreatif akan menunjukkan bagaimana kandidat memahami pandemi ini dan menyesuaikan seluruh aktifitasnya dengan tetap menjaga kesehatan dan keselamatan warga. Tidak berlebihan Mendagri Tito Karnavian menyebut bahwa pilkada kali ini adalah momentum mencari pemimpin yang paham menangani pandemi (Fajar, 22/06/2020).

KONTEN BERSPONSOR

Komentar