Kampanye Kreatif dan Pemimpin Inovatif


Kampanye menurut Rogers & Storey (1987) adalah rangkaian tindakan komunikasi terencana untuk menciptakan efek tertentu pada masyarakat yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu. Kampanye kreatif di masa pandemi Covid-19 adalah kegiatan kreatif yang mampu mengeksekusi seluruh tindakan komunikasi tanpa melanggar protokol kesehatan di masa Covid-19 ini. Lebih kreatif lagi jika kampanye pilkada justru mengakomodir upaya-upaya terkait penanganan pandemi Covid-19 ini.

Kreatifitas Kandidat

Pada Pilkada Kota Makassar semua kandidat nampaknya tetap melakukan kampanye konvensional dengan tatap muka terbatas secara langsung, blusukan serta menebar baliho dan APK lainnya. Namun dari keempat kandidat tersebut, hanya pasangan Appi-Rahman yang menciptakan beragam kreatifitas kampanye yang unik dan masif sehingga tak mampu diikuti oleh kandidat lainnya.

Pasangan Appi-Rahman sejak mendeklarasikan diri sebagai kandidat langsung menerjunkan ratusan duta sehat yang merupakan pekerja freelancer event yang terpaksa kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid ini. Mereka berkeliling kota menjumpai warga untuk mensosialisasikan protokol kesehatan, membagikan masker serta hand sanitizer. Kegiatan masif yang mereka lakukan membuat warga menjadi lebih paham ancama pandemi ini dan membangun kebiasaan menggunakan masker dan mencuci tangan. Selain itu, mereka juga menurunkan satgas kesehatan yang bertugas menyemprotkan disinfektan pada sarana publik termasuk angkutan umum. Kandidat ini juga telah melayani lebih dari seribu orang relawannya untuk melakukan uji swab secara cuma-cuma. Pasangan ini bahkan adalah satu-satunya kandidat yang menyiapkan wisma isolasi mandiri bagi mereka yang terpapar Covid-19. Kreatifitas kampanye Appi-Rahman ini langsung menyasar inti benak audience di saat Makassar masih berada di zona merah Covid-19. Pandemi ini adalah momok bagi semua orang dan tidak mengenal usia, status sosial, profesi maupun tingkat pendidikan. Semua warga menerima aktifitas ini.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR