Kampanye Kreatif dan Pemimpin Inovatif

Selasa, 27 Oktober 2020 23:51

Kandidat ini juga merajai media sosial. Appi-Rahman memanfaatkan semua platform media sosial untuk menyampaikan gagasan politiknya. Facebook, Instagram, Youtube bahkan TikTok pun mereka gunakan dengan penyesuaian konten sesuai demografi pengguna masing-masing platform. Bahkan pasangan Appi-Rahman menjadi satu-satunya kandidat di Indonesia yang melakukan kampanye tatap muka dan interaktif kepada lebih dari dua ribu orang dalam satu sesi kampanye. Mereka menyiapkan studio kampanye dan dipancarkan pada puluhan titik nonton bareng secara live dan interaktif. Di setiap titik nonton mereka hanya menyiapkan kursi untuk lima puluh orang warga dengan penerapan protokol kesehatan. Kreatifitas luar biasa ini adalah metode kampanye paling efektif menjangkau orang banyak dalam satu masa.

Pemimpin Inovatif

Revolusi industri 4.0 telah mengubah banyak hal di dunia yang membuat beragam kehidupan sosial kita menjadi disruptif. Belum sempat kita menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang sangat cepat tersebut pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Makassar. Resesi, inflasi, pengangguran, kemiskinan dan perubahan postur APBD menjadi tantangan walikota nanti. Mumford, M., & Licuanan, B. (2004) telah mengingatkan bahwa untuk beradaptasi dengan perubahan baru, kebutuhan akan inovasi dalam organisasi telah menghasilkan fokus baru pada peran pemimpin dalam membentuk sifat dan keberhasilan upaya kreatif.

Kepemimpinan inovatif dari setiap kandidat Pilwali Makassar dapat kita lihat dari bagaimana mereka menciptakan kampanye kreatif sebagaimana Poonam Anand dan Arvind Kumar Saraswati (2014) menyebut bahwa pemimpin inovatif adalah pemikir kreatif yang mampu menghasilkan ide-ide kreatif yang menjadi dasar inovasi.

Komentar