Legislator PDIP: Jangan Sampai Pembangunan Jurassic Park Jadi Pintu Masuk Kepunahan Komodo

Selasa, 27 Oktober 2020 10:50

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Anggota Komisi IV DPR RI, Yohanis Fransiskus Lema menyoroti foto viral seekor Komodo yang terlihat mengadang truk yang membawa sejumlah material untuk pembangunan di kawasan Loh Buaya, Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur, yang masuk dalam kawasan Taman Nasional (TN) Komodo.

Ansy, sapaan akrabnya menilai bahwa foto tersebut mengirimkan pesan simbolik bahwa hewan karnivora tersebut tidak nyaman dengan adanya pembangunan di daerah itu.

“Foto itu seolah-olah Komodo tidak nyaman dengan model pembangunan Jurassic Park di TN Komodo. Karena pembangunan tersebut melibatkan truk dan alat berat yang memasuki kawasan konservasi TN Komodo. Komodo terusik dengan pembangunan massif berbasis teknologi, karena mengganggu ekosistem lingkungan di TNK,” katanya, Senin (26/10/2020).

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sedang membangun salah satu kawasan super prioritas nasional (KSPN) di Pulau Rinca, salah satu kawasan di TN Komodo.

Pulau itu akan disulap menjadi destinasi wisata premium dengan pendekatan konsep geopark atau wilayah terpadu yang mengedepankan perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan, yang kemudian dikenal dengan sebutan Jurassic Park.

Berdasarkan foto tersebut, politisi PDI-Perjuangan itu mendesak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk bersungguh-sungguh menjalankan fungsinya sebagai pertahanan terakhir konservasi di TN Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Bagikan berita ini:
6
1
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar