Markisa Unik… Buahnya Seukuran Pepaya, Dikembangkan dan Diminati Penghobi Tanaman

Lia Marliani menunjukkan buah markisa yang tumbuh di kebun rumahnya dengan ukuran sebesar pepaya. (LIA MARLIANI ZAMILA FOR JAWA POS)

FAJAR.CO.ID — Apa saja yang bisa menambah rumah lebih hijau, dia tanam. Sayur, buah, bunga. Lia Marliani Zamila menekuni hobi berkebun di rumahnya sudah cukup lama. Jangankan pekarangan, dinding rumah pun dia pakai untuk menanam.

Belakangan, ada tanaman buah yang jadi primadona dikembangkannya. Adalah markisa jumbo atau giant markisa.

Di kebun Lia, buah tersebut bisa tumbuh sampai sebesar pepaya. Bahkan tidak jarang lebih. Lia bercerita, sebenarnya markisa tidak termasuk buah yang dia tanam di rumah. Tahun lalu pohonnya tiba-tiba tumbuh. Entah bibit atau biji dari mana. Lia pun tidak tahu. ”Markisa itu tumbuh sendiri,” kata dia kepada Jawa Pos.

Karena senang berkebun, markisa ”liar’’ itu dia biarkan sampai besar. Bagi Lia, buah tersebut punya nilai sejarah. Bisa membawa dirinya bernostalgia ke masa kecil. ”Terakhir makan markisa waktu saya masih SD,” imbuhnya.

Itu pun bukan markisa jumbo. Markisa biasa yang ukurannya jauh lebih kecil. Siapa sangka, yang tumbuh begitu saja di pekarangan rumahnya merupakan markisa langka.

Berdasar sumber bacaan yang diperoleh Lia, markisa itu berasal dari Amerika Serikat. Hal tersebut membuat Lia semakin terheran-heran. Kini Lia mengerti pohon markisa yang tumbuh di pekarangan rumahnya adalah rezeki. Bukan cuma untuk dirinya, melainkan untuk semua orang yang tertarik menanam.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar