Paparan SYL di Depan Jokowi: 7 Investor Siap Dukung Food Estate Humbahas

Mentan SYL memaprkan proyek Food Estate di hadapan Presiden Jokowi. (Twitter SYL)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (mentan SYL) mengatakan sejumlah investor sudah menyatakan kesiapan mendukung pengembangan food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumut.

“Ada sekitar tujuh investor yang sudah siap dan tentunya akan mendukung omzet untuk kesejahteraan para petani,” kata Mentan SYL saat mendampingi Presiden Jokowi meninjau proyek food estate di Humbahas pada Selasa (27/10).

Dia menjelaskan, luas areal yang dipersiapkan untuk kawasan food estate tahap awal di sana sekitar 1000 hektare pada 2020 ini. Lahan yang sekarang sedang proses penggarapan seluas 215 hektare.

Diketahui, food estate dijalankan pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional. Di kawasan itu dikembangkan sejumlah komoditas hortikultura berbasis korporasi.

“Sesuai arahan Bapak Presiden kurang lebih ini (1.000 hektare) areal yang sudah dipersiapkan sebagai lahan percontohan utama. Selanjutnya Kementerian Pertanian hanya bisa masuk setelah Kementerian LHK dan PUPR serta lainnya selesai,” jelas mantan gubernur Sulawesi Selatan itu.

Dia menjelaskan pengembangan kawasan food estate di Sumut akan dibangun model industri hulu-hilir termasuk pascapanen. Sehingga nantinya akan ada marketplace seperti pasar modern.

“Kami memang menargetkan pada peningkatan luas tanam dan produksi komoditas bawang merah, bawang putih dan kentang. Serta, memperkuat kerja sama dan sinergitas antar petani dengan stakeholder terkait,” kata Mentan Syahrul.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar