Vaksin Flu

Selasa, 27 Oktober 2020 09:18

Disway

Syukurlah bahwa semuanya sudah jelas: tidak ada hubungan langsung vaksinasi antiflu dengan 36 kematian. Mereka meninggal akibat penyakit yang lain.

Padahal partai oposisi di sana sudah telanjur dengan keras minta agar vaksinasi dihentikan. Pemerintah tegas: jalan terus.

Bagaimana dengan di Tiongkok? Yang juga punya musim dingin yang berat? Terutama di bagian utaranya?

”Di sini tidak diwajibkan. Saya sendiri tidak akan melakukan vaksinasi antiflu,” ujar teman saya di kota Dalian, yang bersebelahan dengan Korea.

Tiongkok dianggap sudah bisa mengendalikan Covid-19. Kehidupan di Tiongkok sudah kembali normal. Semua kasus Covid yang ditemukan belakangan, ternyata dibawa orang yang datang dari luar negeri.

Misalnya yang awal Oktober lalu ditemukan di kota Qingdao, Shandong. Yang telaknya di dekat Korea. Di sana tiba-tiba ditemukan penderita Covid sekaligus 13 orang.

Maka langsung terjadi kepanikan. Dikira Covid mewabah lagi. Sempat dianggap itu akibat serunya hari libur emas di sekitar hari kemerdekaan.

Sampai-sampai Qingdao harus di-lockdown lagi satu minggu. Lalu, 9 juta warganya diswab. Selesai dalam lima hari. Semua negatif.

Akhirnya ditemukan virus baru tersebut masuk lewat galangan kapal. Di Qingdao memang banyak galangan kapal besar. Termasuk yang memperbaiki kapal dari luar negeri. Qingdao pun kembali normal.

Hari-hari ini ditemukan lagi kasus baru Covid-19. Tapi di daerah yang sangat terpencil. Dekat kota Kashgar –yang saya kunjungi tahun lalu. Itu daerah Muslim di sebelah sananya gurun pasir Ghobi. Sudah dekat dengan perbatasan Kazakhstan. Kota itu kini lagi di-lockdown total. Kebetulan kotanya dikelilingi padang pasir.

Bagikan berita ini:
6
4
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar