Akibat Covid-19, Kunjungan Masyarakat Ke Fasilitas Kesehatan Menurun

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tingkat kunjungan masyarakat ke puskesmas dan rumah sakit menurun sejak pandemi Covid-19 melanda.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, masyarakat menjadi waspada dan terkesan menghindari fasilitas kesehatan karena takut tertular di tempat tersebut.

“Iya memang takut ke rumah sakit, takut ke puskesmas. Kalau melihat data puskesmas kunjungan rumah sakit itu menurun karena masyarakat takut terinfeksi virus,” ungkapnya, Rabu (28/10/2020).

Naisyah menuturkan, kewaspadaan masayarakat untuk tidak melakukan kontak langsung dengan wilayah berpotensi menyebarkan virus sudah baik. Akan tetapi, masyarakat juga harus tetap ke fasilitas kesehatan jika memang sedang sakit dengan kondisi parah.

“bagus juga (jarang ke fasilitas kesehatan). Salah satu upaya pencegahan mereka tidak mengunjungi. Tetapi kalau sakit, harus (ke fasilitas kesehatan) nanti tambah parah dan berat penyakitnya, karena dia pikir kalau dia pergi ke tempat itu jangan sampai terkontaminasi, gara gara covid 19,”terang Naisyah.

Ia menyebut, standar operasional di puskesmas dan rumah sakit sudah seusai dengan protokol Covid-19. Jadi masyarakat yang sedang sakit, apalagi sudah berat, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri di puskesmas terdekat. Menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Alhamdulillah kalau masyarakat menjaga diri, kalau tidak perlu keluar rumah tidak usah keluar rumah. Satu hal yang paling penting jangan juga walaupun sakit, takut pergi berobat yang kita takutkan penyakitnya semakin berat,” tuturnya.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar