Bukan Klaim, Angka Kemiskinan Barru Turun di Era Suardi Saleh


FAJAR.CO.ID, BARRU – Keberhasilan Suardi Saleh memimpin Kabupaten Barru selama empat tahun terakhir patut diapresiasi. Bukan hanya pembangunan infrastruktur yang maju, tapi juga dari sektor ekonomi sosial.

Bukan asal klaim. Jika melihat angka-angka pencapaian Suardi Saleh kurung waktu 2017-2019, wajar jika Kota Hibrida tersebut kini menjadi salah satu kabupaten terkemuka di Sulawesi Selatan.

Di tangan dingin Suardi Saleh, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Barru meningkat dari 69,56 pada tahun 2017 menjadi 70,08 pada tahun 2019.

“IPM kita masuk delapan besar di Sulsel. Ini menjadikan Kabupaten Barru berada pada kabupaten kelompok IPM kategori tinggi di Sulsel,” kata Suardi Saleh, dalam sesi tanya jawab pada Debat Publik, Selasa (27/10) kemarin.

Suardi Saleh yang maju berpasangan dengan Aska Mappe di Pilkada Barru 2020 mengatakan, keberhasilan seseorang dalam memimpin suatu daerah harus ada indikatornya. Seperti rencana pembangunan jangka menengah, rencana pembangunan jangka panjang, dan pertumbuhan ekonomi sosial.

“Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Barru meningkat dari 6,48 persen pada tahun 2017 menjadi 7,08 persen pada tahun 2019. Pertumbuhan ekonomi kita ini melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional dan sedikit mendekati pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan,” jelas Calon Bupati Barru nomor urut 2 ini.

Selain itu, Angka kemiskinan di Kabupaten Barru menurun dari 9,71 persen pada tahun 2017 menjadi 8,57 persen pada tahun 2019.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar