Hari Ini Puncak Arus Libur Panjang

Rabu, 28 Oktober 2020 13:34

BERSIAP LIBURAN: Penumpang antre untuk naik kereta di Stasiun Senen, Jakarta, Selasa (27/10). (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)

Meski begitu, penumpang tetap harus menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Haerul menjelaskan, sebelum terbang, penumpang harus menunjukkan hasil rapid test nonreaktif yang masih berlaku.

Sementara itu, hingga pukul 22.00, arus lalu lintas pada beberapa ruas tol akses keluar Jakarta, baik di ruas Jakarta–Cikampek, Jakarta–Merak, maupun Padaleunyi, dilaporkan lancar. Hanya terdapat beberapa titik kepadatan karena pengalihan arus pembangunan emergency parking bay di ruas Japek Elevated.

Meski demikian, Jasa Marga sebelumnya menetapkan kebijakan untuk menutup beberapa tempat istirahat (rest area), yakni rest area Km 52B arah Jakarta.

General Manager RO 1 Jasa Marga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati mengungkapkan, penutupan dimulai pada 27 Oktober pukul 16.00 hingga 28 Oktober pukul 16.00. Kemudian, pada 1 November pukul 08.00 sampai 2 November pukul 08.00. ”Namun, di luar jadwal tersebut, petugas operasional akan melakukan buka-tutup secara situasional atau sesuai dengan diskresi kepolisian,” kata Widiyatmiko kemarin.

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meminta daerah bersiaga untuk mengantisipasi munculnya klaster libur panjang. ’’Bagi masyarakat, kami imbau dengan sangat untuk berlibur di rumah saja,’’ ujarnya kemarin. Menurut dia, masih banyak waktu untuk berlibur pada kesempatan berikutnya.

Apabila tetap berlibur, masyarakat diminta untuk menjauhi lokasi-lokasi yang ramai dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Sebab, pusat-pusat keramaian berpotensi menimbulkan klaster penularan baru. Juga melakukan skrining mandiri sebelum perjalanan dan saat kembali.

Bagikan berita ini:
10
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar