Kendala Lahan Diproses Hukum, Bendungan Passolerang Diresmikan Akhir Tahun

Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Bendungan Passeloreng beberapa waktu lalu.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS-PJ) Adenan Rasyid mengatakan Bendungan Passolerang ditarget akan diresmikan pemanfaatannya pada akhir tahun 2020 mendatang.

Selain itu, peresmiannya pun rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

“Rencana tahun ini, kami kejar mudah-mudahan bisa masuk dalam rencana peresmian pak presiden yang kami kejar sekarang lagi kerja keras. Insya Allah bisa terealisasi,” kata Adenan.

Hanya saja, hingga kini permasalahan masih saja bergulir jelang peresmiannya, salah satunya terkait lahan yang menjadi kendala klasik dalam setiap pembangunan infrastruktur.

Bupati Wajo Amran Mahmud membenarkan hal itu. Menurutnya, sampai saat ini proses hukum masih sementara berjalan. “Jadi sambil menunggu proses hukum yang sementara berjalan di pengadilan,” bebernya.

Sedangkan terkait peresemian bendungan yang memiliki luas genangan 169 hektare dengan kapasitas tampung 138 juta meter kubik itu ditargetkan akan diresmikan pada Desember mendatang dan masih dalam tahap komunikasi dengan Presiden.

“Karena kemungkinan besar, Insya Allah diresmikan langsung oleh presiden,” tutur Amran.

Amran menambahkan bahwa bendungan tersebut akan mengaliri 8.000 hektar sawah. Setelah diresmikan nanti akan dilanjutkan lagi untuk jaringan tersiernya dan jaringan sawah.

Bendungan Paselloreng yang memiliki luas genangan 169 hektare dengan kapasitas tampung 138 juta m3 berfungsi untuk mengairi 8.510 hektare sawah.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR