Lansia di Jogja Tak Menyerah Mencari Nafkah, Zaskia Mecca: Mereka Pantang Ngemis

Rabu, 28 Oktober 2020 19:00

Zaskia Adya Mecca

FAJAR.CO.ID, YOGYAKARTA — Sejak pandemi Covid-19 melanda negeri ini, aktris Zaskia Adya Mecca beserta keluarganya memutuskan hengkang dari Ibukota untuk tinggal menetap di Yogyakarta.

Banyak hal-hal unik dan inspiratif yang ia temui selama bermukim di kota gudeg tersebut. Kultur khas jawa masih sangat kental di sana. Salah satunya semangat lansia Jogja yang masih giat bekerja dan mencari nafkah.

Femomena inspiratif itu ia bagikan di laman Instagram pribadinya belum lama ini.

Melihat para lansia yang masih mencari nafkah membuatnya tertegun. Istri sutradara Hanung Bramantyo itu pun mengingatkan para millenial di luar sana untuk tidak mudah menyerah dan mengeluh akan sebuah pekerjaan.

“Yang masih muda, sehat terus ngeluh ga ada kerjaan, kita liat yuk semangat para si mbah. Matanya sudah ga jelas untuk melihat, bicaranya pun susah mon maaf kalau aku agak ngga nyambung karena mbah ngga paham bahasaku, akupun belum paham bahasa jawa. Ini di lampu merah situasi masih gerimis setelah hujan ga berhenti dari pagi sampai jam 13.30 (pas ku ketemu mbah),” papar Zaskia, Selasa (28/10/2020).

“Mbah tetep penuh senyuman (cantik yaaa liat tuu dr samping), jualan koran trus bilang ‘ga laku nih pada ga mau beli korannya basah semua abis hujan soalnya’ -begitu kira2 terjemahannya dari translator di belakang ku @wikan_prabowo – Gak ngeluh, ga cemberut, gak minta2! Dikasih uang doang menolak, nyodorin koran kita harus ambil. Masyaa Allah,” sambungnya terhenyut.

Komentar