Peringati Sumpah Pemuda, Forum Sulsel Peduli Aksi Bersih Sampah

Forum Sulsel Peduli Aksi Bersih Sampah

FAJAR.CO.ID, GOWA – Ribuan pendaki memperingati Hari Sumpah Pemuda di puncak Gunung Bawakaraeng. Tak hanya itu, mereka juga ke Lembah Ramma yang juga berada di kawasan Gunung Bawakaraeng.

Forum Sulsel Peduli pun turut serta dalam peringatan itu dengan aksi bersih sampah.

Ketua Harian Forum Sulsel Peduli, Patarai, menjelaskan, untuk aksi itu pada hari pertama pihaknya menyiapkan wadah sampah bagi para pendaki yang hendak memperingati Hari Sumpah Pemuda tersebut.

“Wadah plastik sampah habis sekira 170- an lembar, setiap lembar beranggotakan rata-rata lima sampai tujuh personel dalam setiap komunitas pendaki. Jadi perkiraan dengan jumlah itu maka tidak kurang dari 1200-an orang yang ke puncak dan Lembah Ramma, ” bebernya.

Dia merinci, jika mau dihitung yang berangkar menuju puncak dan lembah Ramma sejak kemarin (26/10/2020, red) tidak kurang dari 2.000-an orang.

Sekadar diketahui, tiga titik tujuan para pendaki, antara lain Puncak Bawakaraeng, Lembah Ramma, dan Hutan Pinus Lembanna.

Berdasarkan data yang dihimpun, Rabu, 28 Oktober 2020 hingga pukul 01.10 Wita, jumlah pendaki yang terdata di Pos Registrasi Hutan Pinus Lembanna sebanyak 6.653 orang.

Dengan rincian, Puncak Bawakaraeng mencapai 1.068 orang, dan Lembah Ramma mencapai, 2.925 orang, serta Hutan Pinus Lembanna sebanyak 2.660 orang. (rilis)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar