Refly Harun: Kepulangan Habib Rizieq Berpengaruh pada Konstetasi Pilpres 2024

Pakar hukum tata negara Refly Harun -- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun mengatakan, pemerintah seharusnya berperan, mengupayakan kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab ke Indonesia.

Apalagi hanya persoalan ovestay di Arab Saudi yang hanya didenda Rp110 juta. Sangat mudah untuk menyelesaikan persoalan itu dan memulangkan Rizieq Shihab.

“Mudah sekali. Bahkan denda miliaran pun terhadap TKI yang terancam dihukum mati, pemerintah mau menanganinya, apalagi cuma Rp110 juta. Tapi kan kita tahu bahwa ini Habib Rizieq,” kata Refly Harun dikutip chanel YuoTubenya, Refly Harun Rabu (28/10).

Dia menilai, pemerintah seolah tidak ingin campur tangan mengurusi kepulangan Habib Rizieq. Sebab, Rizieq punya pengaruh kuat di gerakan politik kanan. Sementara pemerintah sendiri terlahir dari gerakan politik kiri. “Tentu hal ini menjadi pertimbangan tertentu.” Papar Refly.

Refly menjelaskan yang dimaksud spektrum kiri, adalah nasionalis. Dan spektrum kanan ada partai-partai dan ormas Islam. “Kita tahu bahwa kepulangan Habib Rizieq ini akan berpengaruh pada konstetasi Pilpres 2024.” Ucapnya.

Refly mengatakan, pemerintah harus hadir untuk kepulangan Rizieq Shihab. Sebab itu merupakan kewajiban negara untuk menjaga dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. “Pemerintah harus pro aktif,” ujarnya.

Refly mengungkapkan jika negara melihat ada warga negaranya yang terkatung-katung di luar negeri, yang ingin pulang tetapi terkendala, pemerintah seharusnya bisa turun tangan. Sebab itu kewajiban negara.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar