Survei IPO Ungkap Rapor Jokowi-Ma’ruf Merah Semua

Jokowi-Ma'ruf

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tingkat kepuasan dan kekecewaan publik terhadap kinerja Pemerintah Joko Widodo-Ma’ruf Amin meningkat.

Itu tergambar dalam hasil survei teranyar lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) yang dirilis Rabu (28/10/2020).

Dalam survei bertaujuk ‘Kinerja Kementerian/Lembaga, Peluang Reshuffle Kabinet dan Potensi Capres 2024’ itu, kekecewaan dan ketidakpuasan publik semakin meningkat.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah, dalam keterangan secara daring. Dibanding survei Juli 2020, kekecewaan kepada Presiden meningkat dari 33,5 persen menjadi 51 persen.

“Begitu halnya dengan wapres (KH Ma’ruf Amin), dari 42,5 persen responden menyatakan tidak puas, meningkat menjadi 67 persen,” ungkapnya dikutip dari JPNN.

Dedi menjelaskan, faktor paling berpengaruh terhadap kekecewaan presiden dan wapres adalah kepemimpinan 75 persen dan keberpihakan pada rakyat 71 persen.

Lalu integritas atau ketepatan janji 66 persen, koordinasi antarlembaga 69 persen, dan empati atau aspiratif 53 persen.

Dari beberapa faktor tersebut, kepemimpinan adalah hal yang paling banyak disoroti publik.

Disebutkan bahwa publik menilai terlihat benar KH Ma’ruf Amin seolah-olah tidak terlibat di dalam kebijakan-kebijakan hal yang sifatnya memgemuka ke publik.

“Jadi lebih banyak memperlihatkan one man show kira-kira,” ungkapnya.

Ketidakpuasan publik juga terlihat pemerintah di bidang ekonomi yang terlihat dari akumulasi respons buruk (51 persen) dan sangat buruk (6 persen) mencapai 57 persen.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar