Tim Gugus Tugas: Libur Panjang Berpotensi Hadirkan Klaster Covid Baru

Ketua Tim Konsultan Covid-19, Prof Ridwan Amiruddin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Ketua Tim Konsultan Covid-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin mengatakan libur nasional dan cuti bersama yang jatuh pada 27 Oktober hingga 2 November mendatang berpotensi menimbulkan klaster baru.

Hal itu diungkapkan lantaran jika masyarakat bepergian namun tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Jika mereka tidak taat protokol kesehatan, bisa saja kluster libur panjang muncul,” kata Ridwan, Rabu (28/10/2020).

Diketahui libur panjang dimanfaatkan hampir seluruh masyarakat dengan mengunjungi tempat wisata, bahkan ada yang melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman atau mudik.

Olehnya, Ridwan Amiruddin mengimbau agar seluruh masyarakat khususnya yang berkunjung ke tempat wisata maupun pulang ke kampung halaman dapat menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Misalnya dengan jaga jarak, memakai masker media atau masker kain 3 lapis dengan tata cara yang benar itu menutupi hidung dan mulut,” ungkapnya.

Serta, rajin mencuci tangan dan menyediakan handanitiser yang mudah dibawa ketika bepergian.

Kendati, ia berharap masyarakat dapat lebih patuh dan kekhawatiran terkait kemunculan adanya klaster baru yaitu klaster libur panjang tidak memberikan kontribusi terhadap angka kasus penularan Covid-19 di Sulsel yang saat ini mulai landai.

Mengingat Provinsi Sulawesi Selatan dinyatakan telah keluar dari zona merah oleh Satgas Pusat beberapa pekan lalu.

“Kalau perlu kurangi transaksi langsung bersama pedagang dan dianjurkan membawa bekal makanan dan alat salat sendiri,” imbaunya. (Anti/fajar)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR