Antisipasi Fenomena La Nina, BPBD Beri Arahan Begini ke Kabupaten/Kota

Kamis, 29 Oktober 2020 20:24

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau monitor citra satelit cuaca. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

FAJAR.COMID, MAKASSAR– Belum lama ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan akan munculnya fenomena La Nina yang perlu diantisipasi oleh seluruh daerah termasuk Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Endro Yudo Waryono mengaku telah memperkuat koordinasi hingga ke kabupaten/kota se Sulsel.

Bahkan ia mengaku, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi beberapa hari lalu bersama BMKG, Basarnas, TNI, Polri, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan dan Jeneberang, OPD dan beberapa stakeholder lainnya.

“Jadi kami mempunyai wadah group yang namanya Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS) yang di mana aktivitas group ini adalah menginformasikan update perkembangan setiap harinya,” kata Endro saat dikonfirmasi fajar.co.id melalui pesan WhatsApp, Kamis (29/10/2020).

Dalam rapat koordinasi itu, peserta yang tergabung dalam PUSDALOPS telah menyampaikan beberapa hal terkait antisipasi preventif maupun represif. Termasuk dalam bentuk ketersediaan logistik dan kesiapsiagaan Sumber Daya Manusia (SDM).

Endro menyampaikan, pihaknya telah memberikan arahan kepada BPBD Kabupaten Kota untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi serta kesiapsiagaan masing-masing daerah menghadapi fenomena La Nina.

“Kami minta untuk memastikan ketersediaan sumber daya logistik dan peralatan di Kabupaten Kota se Sulsel,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta mempersiapkan potensi sumber daya kedaruratan terkait kesiapan tim kaji cepat dan langkah-langkah darurat lainnya apabila terjadi bencana.

Komentar