Awas Banjir! Sungai Jeneberang Diselimuti Enceng Gondok dan Sampah

Sungai Jeneberang dipenuhi enceng gondok

FAJAR.CO.ID, GOWA – Sungai Jeneberang yang berada di bawah Jembatan Kembar, Kabupaten Gowa tampak diselimuti tanaman enceng gondok dan sampah.

Sungai itu pun dikhawatirkan akan meluap hingga mengakibatkan banjir dan merendam rumah dan sawah di sekitaran sungai tersebut seperti yang terjadi pada awal 2019 lalu.

Pantauan di lokasi, tidak ada tanda-tanda alat berat akan dikerahkan untuk membersihkan tanaman tersebut. Termasuk perahu kecil yang mengangkat tanaman itu lalu dibuang untuk mencegah terjadi banjir di musim penghujan.

Kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gowa, Azhari Azis, mengatakan sungai yang menghubungkan Sungguminasa dan Kecamatan Pallangga ini bukan wilayah kerjanya.

Melainkan masuk dalam wilayah kerja pihak Balai Besar Wilayah Pompengan – Jeneberang (BBWPJ), yang harus melakukan pembersihan di sungai tersebut.

“Kalau enceng gondok yang ada di Sungai Jeneberang itu akan wilayah Balai Pompengan. Kalau tidak salah sedang diadakan pembersihan. Hanya belum sampai ke titik jembatan,” ujarnya, Kamis (29/10/2020).

Dikonfirmasi terpisah, Kepala BBWPJ, Adenan Rasyid, belum merespon soal tumpukan tanaman enceng gondok dan sampah di kawasan Butta Bersejarah ini. (Ishak/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar