Dianggap Lukai Hati Umat Islam, AMCF Pusat: Presiden Prancis Harus Minta Maaf

Kamis, 29 Oktober 2020 16:30

Emmanuel Macron dan Jokowi. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Direktur Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) atau Yayasan Muslim Asia, Ahmad Faisal Siregar mengatakan ujaran Presiden Prancis, Emmanuel Macron telah melukai hati umat Islam di dunia.

Bahkan hampir seluruh negara Islam mengecam dan bereaksi keras atas pernyataan yang dilontarkan tentang kebebasan berekspresi serta menghadirkan reaksi anti terhadap Islam dengan menghina Nabi Muhammad SAW.

“Presiden Prancis harus meminta maaf kepada dunia Islam untuk menjaga kerukunan kehidupan antar ummat dan antar bangsa,” kata Ahmad, Rabu (28/10/2020).

Bahkan, sikap yang ditunjukkan sikap memicu beberapa negara untuk memboikot produk Prancis seperti Qatar, Kuwait, Aljazair, Sudan, Palestina, dan Maroko.

Menurutnya, pemboikotan tersebut wajar dilakukan lantaran adanya reaksi normal pasar. Di mana pasar secara lumrah akan bereaksi terhadap isu-isu sensitif termasuk isu pernyataan Presiden Prancis terkait kartun Nabi Muhammad.

Bahkan lebih dari reaksi pasar, kata dia, saat ini terdapat beberapa permintaan dari negara-negara muslim untuk menutup kedutaan Prancis di negara mereka.

“Ini pertanda bahwa persoalan ini sangat menyakiti dunia Islam dan orang-orang yang peduli tentang kedamaian, saling menghormati dan toleransi,”tegasnya.

Ia menambahkan Islam adalah agama yang sangat toleran dan menghargai hak-hak manusia tak terkecuali yang berbeda agama sekalipun. (Anti/fajar)

Komentar