Sandiaga Uno Bahas Adaptasi UMKM dalam Resesi di Customer Gathering Online

Kamis, 29 Oktober 2020 17:20

Suasana pengundian satu unit Toyota Agya dalam gelaran Customer Gathering Online Kalla Toyota yang berlangsung di Atrium...

Hingga keberhasilan yang dicapai saat ini bukan tentang pemiliknya, namun orang-orang yang setia membantu dibelakang. Strategi marketing juga harus dibangun agar tepat sasaran di konsumen.

“Kita harus survive, fight and win the battle. Kita harus memaksimalkan apa yang bisa kita bikin. Salah satunya dengan strategi bagaimana produk kita bisa dikenal di luar menggunakan reseller dan distributor,” ungkap Rachmat.

Zumadi SM Anwar juga menambahkan bahwa kebutuhan utama masyarakat dalam resesi ini adalah cash. Pemerintah pun telah memberikan bantuannya, namun perusahaan juga ikut turut membantu. Hal ini yang mendasari hadirnya UMKM Hunt yang menjadi bentuk bantuan dari Kalla Group.

Sandiaga Uno yang hadir secara virtual juga memberikan tanggapan bahwa berbicara tentang adaptasi UMKM di tengah pandemi ini selalu menarik untuk dibahas. Anak-anak muda selalu berinovasi dan meilihat celah peluang untuk menjadi pemenang.

Diantara seluruh aspek yang terkena dampak pandemi COVID-19, ada juga yang dapat tumbuh secara positif, sepeti sektor kesehatan, sektor digital, sektor makanan, sektor pertanian, dan beberapa sektor lainnya.

“Karakter entrepreneurship yang ada di Sulawesi Selatan sudah menjadi saudagar- saudagar yang mendunia. Mereka tahan banting, dan berat dampak krisis multidimensi ini ternyata bisa disikapi dengan penuh optimisme. Krisis multidimensi ini juga membangkitkan kita untuk melihat apakah ada hikmah dibalik musibah,” pungkas Sandiaga.(rls)

Komentar