Sandiaga Uno Bahas Adaptasi UMKM dalam Resesi di Customer Gathering Online

Kamis, 29 Oktober 2020 17:20

Suasana pengundian satu unit Toyota Agya dalam gelaran Customer Gathering Online Kalla Toyota yang berlangsung di Atrium...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Kalla Toyota sukses menggelar Customer Gathering Online untuk kali ke 22 (25/10). Gelaran kali ini dirangkaikan dengan event Kalla Fair yang dilaksanakan di Atrium NIPAH Mall, Makassar. Tak hanya dapat disaksikan secara offline, gelaran ini juga dapat disaksikan secara online bagi seluruh pelanggan setia Kalla Toyota yang tersebar di wilayah Sulsel, Sulbar, Sulteng, dan Sultra.

Kalla Toyota sukses merampungkan hingga 1.720 SPK dari seluruh gelaran Customer Gathering Online yang telah dilaksanakan sejak Mei 2020 hingga Oktober 2020 ini.

Kalla Toyota hadir menggelar Customer Gathering Online kali ini dengan mengangkat tema “Adaptasi UMKM Dalam Resesi”. Tiga narasumber siap membagikan pengalamannya, yakni Zumadi SM Anwar selaku CEO Kalla Development & Construction, Rachmat Almu Arrif yang merupakan pelaku UMKM sebagai owner dari Browcyl Makassar, dan Sandiaga Uno yang merupakan entrepreneur skala nasional.

“Kami bangga dapat menghadirkan pembicara-pembicara hebat di gelaran Customer Gathering Online kali ini. Apalagi, pembicara yang hadir ini sangat berpengalaman di bidangnya dan sesuai tema talkshow yakni Adaptasi UMKM Dalam Resesi,” ungkap Aswan Amiruddin, Marketing Manager Kalla Toyota.

Rachmat Almu Arrif memaparkan pandemi COVID-19 ini mengakibatkan krisis yang cukup bisa dirasakan oleh pelaku UMKM. Namun hal ini tidak menjadi alasan untuk tidak bertahan. Usaha yang dirintis selama delapan tahun ini, dibangun dari bawah.

Hingga keberhasilan yang dicapai saat ini bukan tentang pemiliknya, namun orang-orang yang setia membantu dibelakang. Strategi marketing juga harus dibangun agar tepat sasaran di konsumen.

“Kita harus survive, fight and win the battle. Kita harus memaksimalkan apa yang bisa kita bikin. Salah satunya dengan strategi bagaimana produk kita bisa dikenal di luar menggunakan reseller dan distributor,” ungkap Rachmat.

Zumadi SM Anwar juga menambahkan bahwa kebutuhan utama masyarakat dalam resesi ini adalah cash. Pemerintah pun telah memberikan bantuannya, namun perusahaan juga ikut turut membantu. Hal ini yang mendasari hadirnya UMKM Hunt yang menjadi bentuk bantuan dari Kalla Group.

Sandiaga Uno yang hadir secara virtual juga memberikan tanggapan bahwa berbicara tentang adaptasi UMKM di tengah pandemi ini selalu menarik untuk dibahas. Anak-anak muda selalu berinovasi dan meilihat celah peluang untuk menjadi pemenang.

Diantara seluruh aspek yang terkena dampak pandemi COVID-19, ada juga yang dapat tumbuh secara positif, sepeti sektor kesehatan, sektor digital, sektor makanan, sektor pertanian, dan beberapa sektor lainnya.

“Karakter entrepreneurship yang ada di Sulawesi Selatan sudah menjadi saudagar- saudagar yang mendunia. Mereka tahan banting, dan berat dampak krisis multidimensi ini ternyata bisa disikapi dengan penuh optimisme. Krisis multidimensi ini juga membangkitkan kita untuk melihat apakah ada hikmah dibalik musibah,” pungkas Sandiaga.(rls)

Komentar


VIDEO TERKINI